Bos BKPM Sebut Target Rp765 Triliun Sulit Tercapai

Bos BKPM Sebut Target Rp765 Triliun Sulit Tercapai
Bos BKPM Sebut Target Rp765 Triliun Sulit Tercapai. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyampaikan, realisasi investasi Penanaman Modal

Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) di kuartal II/2018 mencapai Rp176,3 triliun. Realisasi tersebut tumbuh tipis 3,1% dibanding periode yang sama 2017 sebesar Rp170,9 triliun.

Namun, jika dibandingkan realisasi investasi pada kuartal I/2018 sebesar Rp185,3 triliun, capaian itu turun sebesar 4,9%. Melihat kondisi perlambatan tersebut, Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong pesimis target investasi sebesar Rp765 triliun hingga akhir 2018 bisa dicapai.
Meski demikian, pemerintah memastikan tidak akan diam terhadap kondisi tersebut. Sejumlah langkah akan dilakukan untuk memperkuat fundamental ekonomi dalam negeri. Diharapkan hal itu dapat kembali menggairahkan investor.

“Perlu saya sampaikan bahwa pemerintah tidak akan diam menyaksikan perkembangan di pasar terutama di pasar modal. Pemerintah sudah pasti akan mengambil langkah istimewa untuk membantu meningkatkan fundamental ekonomi Indonesia,” ujar Thomas Lembong di Jakarta.

Salah satu upaya yang tengah dilakukan adalah dengan memberlakukan kebijakan B20 atau biodiesel. Langkah tersebut diharapkan dapat menekan impor dan memperkuat cadangan devisa.
“Yang sudah berjalan secara konkret adalah upaya gencar untuk implementasi B20. Mensubtitusi impor BBM dengan produk lokal yaitu biodiesel yang menggunakan minyak sawit buatan domestik. Pemerintah sudah menghitung menghemat devisa USD6 miliar per tahun.

Contoh konkret yang dijalankan pemerintah untuk memperbaiki nercara dagang dan neraca transaksi,” ujarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Seluruh Kepala Daerah di Riau Tak Tepatin Panggilan Bawaslu

Hari Santri Nasional Dihadiri Ribuan Syekhermania

Lempar Narkoba Ke Tahanan